Pages

Thursday, March 2, 2017

Realita Yang Ada di Pasar Bringharjo

Realita Yang Ada di Pasar Bringharjo

            Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran.   
Hari itu, adalah hari dimana saya dan kawan-kawan Ilmu Komunikasi dari Universitas Negeri Yogyakarta mengunjungi salah satu pasar yang ada di Yogyakarta, yaitu pasar Bringharjo. Pagi itu saya melihat secara langsung hiruk pikuk yang ada di dalam pasar tersebut.  Terdapat banyak pedagang yang sibuk mempromosikan barangnya dan pembeli yang sibuk mencari kebutuhannya. Pedagang yang ada di Pasar Bringharjo tersebut bermacam-macam usia. Mulai dari muda sampai tua. Selain itu pedagang di sana juga banyak sekali menjual berbagai kebutuhan rumah tangga. Di pasar Bringharjo, bukan hanya wanita yang berjualan,laki-laki pun banyak juga yang berjualan di sana. Yang dijualnya pun beragam juga. Mulai dari keperluan rumah tangga sampai alat rumah tangga.

Di pasar Bringharjo, penjual mulai datang sejak habis sholat subuh. Pada saat itu pembeli atau konsumen telah meramaikan pasar sembari mencari kebutuhannya masing-masing.  Terdapat banyak lapak yang menjual berbagai kebutuhan manusia,seperti sayur-sayuran,buah-buahan,ikan dan makanan traditional. Sebagian besar penjual di pasar Krempyeng berasal dari daerah setempat dan hanya beberapa yang merupakan penduduk pendatang. Hampir seluruhnya penjual berjenis kelamin wanita dan sudah cukup berumur.
Penghasilan para penjual menjadi tidak menentu dan mempengaruh keberlangsungan kegiatan ekonomi di pasar Bringharjo. Karena para konsumen tidak setiap hari mengkonsumsi apa yang dijual oleh setiap produsen atau penjual. Dan menurut pedagang di sana tidak setiap hari mereka mendapat keuntungan yang didapat di hari kemarin. Konsumen yang datang ke pasar pun ada yang hanya datang satu kinggu sekali, da nada juga yang setiap hari. Konsumen yang datang hanya seminggu sekali itu merupakan konsumen yang langsung membeli perlengkapannya untuk satu minggu, dan akan kembali lagi minggu depannya untuk membeli keperluan untuk minggu selanjutnya. Itulah mengapa perilaku konsumen dalam suatu pasar yang berbeda-beda.

Di pasar Bringharjo, tidak hanya pedagang yang hanya duduk dalam menjual barangnya, ternyata ada juga yang sambil menjual barangnya dengan berdagang keliling pasar. Pada Pasar Bringharjo, sebagian besar penjualnya adalah seorang ibu-ibu. Penjual yang kebetulan kami amati berjualan dengan dasaran meja dan kursi dengan atap dari terpal.






0 comments:

Post a Comment