KOMUNIKASI
MASSA
Dunia
Komunikasi Penyiaran Islam
Oleh :
Rana
15419141005
Universitas
Negeri Yogyakarta
Fakultas Ilmu
Sosial
Program Studi
Ilmu Komunikasi
Latar Belakang
Masyarakat
modern saat ini sudah tidak bisa lepas dari pengaruh media massa. Karena media
massa secara keseluruhan menyajikan topik – topik yang sedang hangat –
hangatnya dibicarakan. Misalkan kita sedang mendiskusikan sebuah topik, apakah
tidak berkaitan dengan berita – berita yang sedang disajikan televisi, ataupun
koran?tentu saja tidak. Kita sulit untuk berpartisipasi didalam kehidupan tanpa
bantuan media massa, masyarakat sangat membutuhkan media massa, begitu pula
sebaliknya, media massa juga membutuhkan masyarakat pula. Saya yakin masyarakat
tidak akan mampu menghindar dari terpaan pesan – pesan media massa saat ini,
itu menunjukkan betapa hebatnya perkembangan zaman modern ini termasuk pula
perkembangan komunikasi massa.
Agar
kita lebih memahami apa itu komunikasi massa, bagaaimana definisi, ciri serta
fungsi komunikasi massa, kita akan langsung membahasnya.
Rumusan
Masalah
1.
Bagaimana dunia komunikasi dalam
penyiaran islam?
Teori
Komunikasi
Massa adalah ringkasan dari komunikasi melalui media massa (communicating with
media) atau komunikasi kepada banyak orang (massa) dengan menggunakan sarana
media atau sarana komunikasi massa.
Dalam
komunikasi masa kita membutuhkan gatekeeper (penapis informasi atau
palang pintu) yakni beberapa individu atau kelompok yang bertugas menyampaikan
atau mengirimkan informasi dari individu ke individu lain melalui media massa
(surat kabar, majalah, televisi , buku, dll). Namun, komunikasi massa tidak
berarti komunikasi untuk setiap orang. Pasalnya media cenderung memilih
khalayak komunikandan demikian pula khalayak pun juga memilih – milih media.
Implikasinya terhadap masyarakat bahwa Media massa adalah salah satu tempat
atau sarana untuk dijadikan sebagai sumber memperoleh informasi.
Komunikator
dalam komunikasi massa mengandalkan peralatan modern untuk menyebarkan atau
memancarkan pesan secara cepat kepada khalayak yang luas dan tersebar. Pesan
itu disebarkan melalui media modern seperti Televisi, Radio, Surat Kabar, atau
gabungan diantara media tersebut. Analisis saya bahwa si komunikator dalam
penyampaian sebuah informasi yang akan diberikan kepada masyarakat harus
didukung oleh media. Misalkan sebuah iklan produk sabun mandi tanpa media massa
seperti televisi pastilah informasi tentang iklan produk sabun mandi tersebut
tidak akan tersebar dan terkenal manfaatnya kepada masyarakat atau komunikan
jika tanpa media. Disini komunikator sangat mengandalkan media modern tersebut.
2.Komunikator
dalam menyebarkan pesan – pesannya bermaksud mencoba berbagi pengertian dengan
orang lain. Ini dapat disimpulkan bahwa sang komunikator bisa dikatakan
berdakwah kepada komunikan. Istilahnya dalam islam adalah sang Da’i meceramahi
Mad’u tentang sesuatu informasi yang sang Mad’u tersebut yang sebelumya tidak
tahu menjadi tahu. Disini Komunikator mencoba memberi tahu dan menyebarkan
informasi.
3.Pesan
adalah milik publik. Artinya bahwa pesan itu bisa didapatkan dan diterima oleh
banyak orang. Karena itu diartikan milik publik.
4.Sebagai
sumber, komunikator massa biasanya merupakan organisasi formal seperti
jaringan, ikatan atau perkumpulan. Dengan kata lain, komunikatornya tidak
berasal dari seseorang tetapi lembaga. Lembaga ini pun biasanya berorientasi
pada keuntungan, bukan organisasi suka rela atau nirlaba. Disini dapat
memberi contoh seperti televisi yang menayangkan iklan – iklan yang iklan
itu diinformasikan kepada pemirsa (komunikan) dan televisi tersebut juga
memperoleh keuntungan dari penayangan tersebut dari perusahaan yang telah
menggunakan jasa televisi itu untuk mengiklankan produknya kepada masyarakat.
5. Komunikasi
massa dikontrol oleh penapis informasi. Artinya pesan – pesan yang disebarkan
atau dipancarkan dikontrol oleh sejumlah individu dalam lembaga tersebut
sebelum disiarkan lewat media massa tersebut. Disini implikasinya kepada
masyarakat bahwa masyarakat mendapat sebuah informasi yang baik dan tidak
merugikan antar komunikator dan komunikan. Contohya sebuah film pasti
akan diteliti kembali dimana jika masih ada yang kurang baik kepada
komunikan atau masyarakat akan diedit atau disensor sebelum ditayangkan oleh
lembaga sensor Indonesia
6. Umpan
balik dalam komunikasi masa sifatnya tertunda. Maksudnya komunikasi yang
dilakukan dimedia massa tidak bisa langsung diterima oleh komunikan
tetapi tertunda alias (delayed). Respon audien atau komunikan tidak bisa
langsung diketahui seperti pada komunikasi antar pribadi.
Bentuk
– Bentuk Komunikasi Massa
Bentuk
komunikasi massa sendiri sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Perkembangan
teknologi sekarang ini telah membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi.
Hingga sampai tahun 2011 ini masyarakat memanfaatkan teknologi ini secara baik,
sehingga masyarakat menjadi masyarakat yang berwawasan serta kreatif dalam
memanfaatkan teknologi sebagai wadah komunikasi massa.
Komunikasi
mempunyai beberapa Bentuk antara lain :
a. Bentuk
Visual
adalah
komunikasi massa yang berhubungan dengan media cetak seperti Koran, Majalah,
Buletin ataupun WEB Berita di Internet. Dari situ komunikan bisa mendapatkan
sedikit informasi dari Koran dan Majalah yang memberikan informasi secara
update.
b. Bentuk
Audio
adalah
komunikasi massa yang berhubungan dengan pendengaran seperti Radio. Komunikator
juga dapat memberi informasi kepada komunikan lewat radio. Contoh implikasinya
kepada masyarakat adalah acara pengajian tidak harus dimasjid ataupun antara
komunikator dan komunikan saling tatap muka (Face To Face) tetapi bisa dengan
mendengarkan lewat media dengan bentuk Audio seperti media Radio yang juga bisa
menyuguhkan pengajian Ustadz Iib Wijayanto yang setiap malam selasa memberikan
ceramahnya di Radio MQ FM Yogyakarta bahkan antara ustadz dengan pendengar
dapat saling berinteraksi dengan car jika pendengar kurang memahami ceramah
tersebut dengan cara langsung telepon ataupun SMS.
c. Bentuk
Audio Visual
adalah
komunikasi massa yang berhubungan dengan pengelihatan dan pendengaranseperti
media televisi atau video internet. Komunikan juga bisa melihat televisi untuk
mencari informasi. Televisi menurut saya juga bisa dikatakan media komunikator
untuk memberikan informasi kepada komunikan atau masyarakat.
0 comments:
Post a Comment